TRIPLE "A" PLUS

TRIPLE "A" PLUS

Sabtu, 15 Mei 2010

Tanaman Hias, Penyerap Zat Pencemar Spesifik

Tinggal di kota besar, umumnya bagaikan tinggal di sebuah ruang besar dengan udara yang dipenuhi dengan polutan. Polutan dan irritant dari debu, asap dan gas gas buang kendaraan, pabrik, industri , rumah tangga dalam bentuk karbon monoksida, trichloroethylene, formaldehyde , benzene, ammonia, xiluene, toluene. Kualitas udara yang demikian tentu akan mempengarahi aktivitas organ organ penting semua makhluq hidup termasuk kita, manusia.

Yang paling mungkin bisa dilakukan untuk menghindari polusi adalah dengan menguranginya, istilahnya “mencuci udara”. Banyak cara digunakan untuk menghindari polusi udara dirumah. Salah satunya adalah dengan melalui apa yang disebut dengan “sistem filtrasi/penyaringan udara”. Selain itu, dapat juga dengan “sistem filtrasi udara alami” yang menggunakan tanaman tanaman hias / bunga di sekeliling rumah sebagai penyaring alami .

Study yang dilakukan oleh NAZA dan ALCA menunjukkan beberapa tanaman direkomendasikan untuk menyegarkan kembali udara. metabolisme yang dilakukan oleh tanam tanaman tersebut akan menyaring zat zat buang yang merugikan kesehatan semacam benzene, trichloroethylene, dan Formaldehyde juga tanaman hias ini sebagai produsen oksigen yang efektif mengembalikan kualitas udara menjadi lebih baik dan layak dikonsumsi manusia.

Tanaman tanaman yang direkomendasikan untuk memperbaiki udara yang banyak mengandung benzene antara lain :

1. English ivy (hedera helix)
2. Gerbera daisies
3. Pot mums
4. Peace lily
5. Bamboo palm
6. Mother-in-law’s Tongue

Contoh tanaman hias pereduksi polusi

Tanaman tanaman sesuai untuk memperbaiki udara yang banyak mengandung trichloroethylene :

1. Peace Lily
2. Gerbera daisy
3. Bamboo palm

Tanaman tanaman untuk memperbaiki udara yang banyak mengandung Formaldehyde antara lain :

1. Bamboo palm
2. Mother-in-law’s tongue
3. Dracaena warneckei
4. Peace lily
5. Dracaena marginata
6. Golden pathos
7. Green spider


Tanaman hias gantung penyerap zat polusi

Beberapa tanaman lain yang juga direkomendasikan untuk prose filtrasi udara ini antara lain :

1. Heartleaf philodendron
2. Philodendron domesticum
3. Elephant ear philodendron
4. Cornstalk dracaena
5. Ficus benjamina /weeping fig
6. Dracaena deremensis `Janet Craig’
7. Philodendron selloum
8. Aglaonema modestum
9. Chinese evergreen.

Pembibitan dan Perniagaan Tanaman Hias

Syaratnya cukup mudah sebenarnya untuk mendapatkan Filtrasi udara alami dari tanaman hias ini, yakni mesti rajin merawatnya , menjauhkannya dari jamur dan debu debu yang menempel di daun dan batang nya. Sehingga sang tanaman bisa bekerja efektif dalam memfiltrasi udara. study dari US menyebutkan bahwa 15-18 tanaman hias dalam wadah berukuran 6-8 inci mampu memperbaiki kualitas udara untuk rumah seluas 1800 kaki kuadrat (548 m2)

Dengan memperbaiki/meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah diharapkan efek negatif dari polutan dan iritan yang sarat dengan dampak buruk bagi kesehatan, dapat diminimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar