TRIPLE "A" PLUS

TRIPLE "A" PLUS

Sabtu, 15 Mei 2010

11 Langkah Redakan Sakit Tenggorokan

Penulis : Ikarowina Tarigan

SAKIT tenggorokan akibat peradangan di bagian belakang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Karena itu, antibiotik (yang digunakan untuk bakteri), biasanya tidak mempercepat pemulihan sakit tenggorokan.

Akan tetapi, beberapa jenis sakit tenggorokan, seperti strep throat (radang tenggorokan akibat infeksi bakteri streptokokus), juga memerlukan antibiotik. Karena itu, ada baiknya memastikan penyebab dengan memeriksakan diri ke dokter.

Untuk mempercepat pemulihan, berikut beberapa langkah penanganan yang bisa Anda lakukan di rumah:

1. Perbanyak istirahat dan minum air putih.

2. Konsumsi Tylenol (acetaminophen) atau ibuprofen untuk meredakan rasa sakit.

3. Hisaplah permen seng (zinc lozenge). Belum ada kesimpulan pasti mengenai efektivitas zinc lozenge, tapi beberapa studi, seperti dikutip situs webmd.com, menunjukkan bahwa seng bisa meredakan sakit tenggorokan dan gejala-gejala flu lainnya.

4. Berkumur dengan air garam hangat (dengan perbandingan satu sendok teh garam per gelas air).

5. Hisaplah permen pereda tenggorokan (throat lozenges) atau permen keras.

6. Hisaplah makanan beku (seperti es loli).

7. Gunakan humidifier (alat pelembab udara).

8. Minumlah teh hangat dengan madu. Cara ini dinyatakan bisa mengurangi gejala sakit dan membuat tenggorokan lebih nyaman.

9. Untuk meredakan rasa sakit, letakkan pad pemanas atau kompres hangat di atas tenggorokan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kompres teh chamomile hangat. Caranya, campurkan satu sendok makan bunga chamomile kering ke dalam satu atau dua cangkir air mendidih, diamkan selama lima menit, kemudian saring. Selanjutnya, rendam kain atau handuk bersih dalam teh, peras, kemudian tempelkan ke tenggorokan. Angkat saat kain telah dingin. Ulangi seperlunya.

10. Plester garam. Campurkan dua cangkir garam laut dengan lima hingga enam sendok makan air hangat. Garam seharusnya lembab, tapi tidak basah. Selanjutnya, letakkan garam di tengah lap atau handuk kecil, kemudian gulung handuk ke sisi yang lebih panjang. Bungkuskan handuk di sekeliling leher Anda, tutup dengan handuk kering. Biarkan selama yang Anda inginkan.

11. Cobalah menghisap uap untuk meredakan rasa sakit. Isilah bak mandi Anda dengan suhu air paling panas. Kemudian letakkan handuk di atas kepala untuk menangkap uap. Condongkan badan ke arah bak mandi sambil membiarkan air tetap berjalan. Tarik nafas dalam-dalam melalui mulut dan hidung selama lima hingga 10 menit. Ulangi beberapa kali sehari. Pastikan berhati-hati untuk menghindari kemungkinan terbakar air atau uap panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar