TRIPLE "A" PLUS

TRIPLE "A" PLUS

Kamis, 10 Desember 2009

MENGENAL SIRIH MERAH.

Sejak jaman nenek moyang kita dahulu kala tanaman sirih telah diketahui memiliki berbagai khasiat ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit, disamping itu sirih ini memiliki nilai nilai spiritual yang tinggi, oleh karena itu sirih termasuk dalam salah satu elemen penting yang harus disediakan dalam setiap upacara adat. Air rebusannya yang mengandung antiseptik digunakan untuk kumur guna menjaga kesehatan rongga mulut, selain itu dapat pula dipakai untuk mencuci organ kewanitaan guna menyembuhkan penyakit keputihan dan bau tak sedap.

Tanaman sirih terdiri dari dari berbagai species dan memiliki istilah sebutan nama yang beragam pula, kita tentu pernah mendengar nama nama sirih gading, sirih hijau, sirih hitam. sirih kuning dan banyak lagi yang lainnya . Semua jenis tanaman sirih ini memiliki ciri yang hampir sama , yakni berupa tanaman merambat dengan bentuk daun yang menyerupai “hearth� , yang tumbuh langsung dari batangmya itu rata rata berwarna hijau, kehijauan sampai dengan kuning dan kehitaman itu memiliki khasiat pengobatan yang sangat manjur.

Tanaman sirih akrab sekali dengan kehidupan masyarakat kita sejak dahulu kala.

Akhir akhir ini muncul tanaman sirih merah yang dipopulerkan oleh seorang akhli pengobatan herbal ternama Bambang Sudewo dari Jogyakarta, setelah dalam penelitian dan percobaan yang panjang diketahui ternyata Sirih Merah memiliki khasiat penyembuhan yang sangat ampuh untuk berbagai penyakit bandel. Upaya yang sangat ulet dalam meneliti khasiat Sirih Merah oleh Bapak Bambang Sudewo telah banyak membantu masyarakat yang tersembuhkan dari derita berbagai penyakit yang dideritanya.Sekarang ini mulai banyak orang yang melirik tanaman Sirih Merah untuk mencoba membudidayakannya.

Untuk membantu mereka yang berminat mebudidayakan tanaman obat Sirih Merah itu,berikut kami sajikan cara cara melakukan budi daya Sirih Merah mulai dari pemilihan bibit, penanaman, pemeliharaan pohon tanaman obat Sirih Merah tersebut, yang kami kutip dari tulisan Bapak Bambang Sudewo pada bukunya "Basmi Penyakit dengan Sirih Merah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar